Senin, 09 Januari 2012

CONTOH TEKS DIALOG DRAMA KOMEDI

Bledheg dan gludhug
Di zaman dahulu ada sebuah kerajaan yang didalamnya hidup seorang raja dan permaisurinya yang dipanggil mimi dan pipi. Mereka menpunyai dua anak, namun kedua anaknya memiliki fisik yang berbeda. Si Sulung yang bernama Bledheg mempunyai wajah yang tampan dan eksotis. Sedangkan si Bungsu yang bernama Gludhug memiliki wajah yang buruk rupa, tidak enak dipandang mata. Maka dari situlah kedua orangtua mereka lebih menyayangi Bledheg.
Gludhug                           : (Datang dengan wajah penuh harapan) ”Pi, Mi, celana Gludhug udah usang,
banyak kutunya, gatal lagi kalo dipakai.”
Pipi                                 : ”Hah? Buat apa? Yang itu saja masih bisa dipakai. Ngapain beli lagi? Toh, pake celana baru pun tetap saja wajahmu jelek.”
Mimi                               : ”Udah lah Pi, jelek-jelek juga anak kita.”
Bledheg datang dikawal oleh kedua pengawalnya Alfonso dan Buldoso.
Alfonso                           : (Berteriak) ”Pangeran datang!”
Buldoso                           : ”Siapkan jalan!” (Menyonteng Gludhug)
Bledheg                           : (Berjalan dengan angkuh, kepala mengadah keatas, tiba tiba tersandung) ”Aduuuuh. Duuuuh duuuhhh. Kuku ku pataaaah.”
Semua                             : (Tertawa)
Mimi                               : ”Kamu gag apa-apa anak ku?”
Pipi                                 : ”Oh anak ku yang bagus, besog kita ke salon aja langsung buat meni pedi kuku yang patah.”
Mimi                               : ”Pipi lebay ah. Mimi aja gag dikasih duit ke salon. Btw, ada apa nak kesini?”
Bledheg                           : ”Ini lho Mi, Pi, bajuku udah jadul. Aku pengen baju yang lagi ngetrend kayak Brad Pit. Biyar Gahoool.”
Alfonso                           : ”Iya baginda, masag cakep cakep bajunya jadul. Kan gag pas.”
Buldoso                           : ”Ho oh. Ho oh.”
Alfonso                           : “Ho oh apa nya?”
Buldoso                           : ”Iya itu tadi hehe.” (Sambil menggaruk garu kepala)
Pipi                                 : ”Yaudah, ntar duitnya Pipi kirim ke rekeningmu.”
Bledheg                           : ”Okelah kalo begito.”
Gludhug                           : ” Oh sungguh teganya dirimu teganya teganya teganya (sambil bernyanyi). Pipi Mimi gag sayang sama aku.”
Pipi                                 : ”Benar ku menyayangimuuu tapi tak beginiii.” (bernyanyi juga)
Gludhug                           : ”Tak begini bagaimana?”
Bledheg                           : ”Kamu jelek nyadaar laaaah.”
Gludhug                           : ”Emang napa kalo aku jelek. Salahkah?”
Mimi                               : ”Udah gag usah bahas itu lagi. Kalian semua anak mimi.”
Didalam kamar Gludhug merenung
Gludhug                           : ”Apa sih salahku? Kenapa dari kecil Mimi Pipi Cuma sayang Bledheg. Aku juga kan salah Mimi Pipi waktu bikin, Ah, lebih baik aku minggat saja. Daripada aku di sia-sia.” (dengan gaya yang lebay) (Sambil membawa barangnya gludhug pun pergi meninggalkan istana)
Mimi                               : ”Mau kemana kamu nak?”
Gludhug                           : “Gludhug mau pergi Mi,”
Mimi                               : “Kenapa?”
Gludhug                           : “Gludhuk selalu di sia-sia, gag pernah disayang.”
Bledhek                           : (Datang tiba-tiba) ”Yaudah sna pergi.”
Alfonso                           : “Udah bawa bekal Pangeran?“
Buldoso                           : ”Pintu nya disebelah sana ya, belok kiri, nah situ.”
Bledheg                           : (langsung melangkah pergi)
Mimi                               : ”Jangan.....jangan”(menarik tangan gludhug)
Pipi                                 : (menarik tangan Mimi) ”Biarin Mi, anak durhaka itu pergi.”
Gludhuk pergi. Di tengah-tengah perjalanan dia melihat seorangwanita yang sedang kesakitan di tengah hutan.
Dewi angin-angin             : “aduuuuh, ah ahhh aduuuh.” (membelakangi gludhug)
Gludhug                           : (memegang pundak) “ceweeek, ceweeek, kenapa?”
Dewi angin-angin             : “kaki ku sakiiit. Huhuhu.”
Gludhug                           : “MasyaAllah”
Dewi angin-angin             : “Kenapa? kaget melihat lukaku?”
Gludhug                           : “Bukan lukamu tapi mukamu.”
Dewi angina-angin           : ”Bukannya mukamu juga jelek?”
Gludhug                           : ”Oh iya ya, berarti kita sama-sama jelek. Tos yok!”
Dewi angin-angin             : “Tos mu ah. Lukaku gimana?”
Gludhug                           : (meludah di tangannya) “Cuuuh,cuih.”
Dewi angin-angin             : “Kamu ngapain?”
Gludhug                           : “Udah diem dulu.” (mengusapkan kedua tangan nya tadi ke luka dewi angin-angin).
Dewi angin-angin             : “Waaaah, sembuuuh, terimakasih. Nama anda siapa?”
Gludhug                           : ”Namaku Gludhug. Kamu? Sedang apa kamu sendirian dihutan?”
Dewi angin-angin             : ”Namaku Dewi Angin-angin. Aku diusir oleh kedua orangtuaku. Mereka malu punya anak jelek. Maka dari itu mereka malu dan mengusir aku.”
Gludhug                           : ”Wah, nasib kita gag beda jauh. Jadian aja yuuug?”
Dewi angin-agin               : “Ayooog yooog.”
Hari demi hari pun mereka jalani. Mendaki gunung, melewati lembah, menyebrangi sungai mereka lalui. Dan pada akhirnya mereka melihat gua yang berisi emas di dalam nya.
Gludhug                           : ”Waw, silau men.”
Dewi angin-angin             : “Apa itu yank? Kog berkilau banget.”
Gludhug                           : “Coba kita masuk yog yank.”
Dewi angin-angin             : “Yuuuk, capcus.”
Gludhug                           : “Waaah, that’s hot emas semua.” (kagum)
Dewi angin-angin             : “Hot juga. Indahnya.”
Gludhug                           : ”Tempat ini sepertinya tidak berpenghuni. Bagaimana kalo kita tinggal disini saja.”
Dewi angin-angin             : “Jadi kita menetap disini? Ok braaai.”
Gludhug                           : “Yoyoi.”
Dengan emas itu Gludhug membangun sebuah istana emas. Gludhug pun hidup bahagia bersama dengan dewi angina-angin. Akhirnya semua orang mengetahui gludhug menjadi kaya tidak terkecuali Bledheg.
Sementara itu di istana Raja terserang penyakit panu akut yang tidak dapat disembuhkan oleh siapapun.
Pipi                                 : ”Mi, sekarang kita jatuh miskin untuk mengobati panu Pipi.”
Mimi                               : ”Iya pi, kalo Mimi nikah lagi gimana?”
Pipi                                 : ”Apa? (menyanyi) buka hatimuuuu, bukalah sedikit untukkuuu...”
Mimi                               : ”Hahaha, mimi Cuma asal ngomong doang kog pi.”
Pipi                                 : ”Alhamdulilah”
Dikamar bledheg
Bledheg                           : ”Hah, gimana nih, aku udah gag punya teman lagi.”
Buldoso&Alfonso            : ”Maksudnya Pang?”
Bledheg                           : ”Pang?”
Buldoso                           : ”Pangeran. Hehehe.”
Bledheg                           : ”Mereka pada ninggalin aku gara-gara sekarang aku gag punya duit. Bayangin coba kalo kalian jadi aku. Ha?!”
Buldoso                           : ”Gag mudeng pang. Hehe”
Alfonso                           : ”Gimana kalo pangeran datang ke si Jelek itu?”
Bledheg                           : ”Ngapain?”
Buldoso                           : ”Ngapain al?” (bertanya ke arah alfonso)
Alfonso                           : ”Ya buat ngrebut kekayaaan gludhuk lah. Gimana?”
Bledheg                           : ”Ha? Bener juga ya. Tapi apa dia mau nerima aku lagi.”
Buldoso                           : ”Iya juga ya. Hmmm.”
Alfonso                           : ”Gini, kita kesana minta maaf. Lalu kita baik-baikin dulu, setelah dia lengah baru kita beraksi.”
Bledheg                           : ”Wah, ide yang brilian.”
Buldoso                           : ”Apa itu ide berlian?”
Alfonso                           : ”Bukan berlian tapi brilian bego.”
Lalu bledheg dan kedua pengawalnya menuju kamar raja
Bledheg                           : ”Aku mau pergi, gag tahan jadi orang miskin.”
mimi                                : ”Ya Allah, kamu tega dengan kita.”
Bledheg                           : ”IDL ah, kalo disini trus aku ketularan sama pipi.”
Pipi                                 : (garuk-garuk). ”Lihat aku disini, kau lukai hati dan perasaan ini,hingga....”
Bledheg                           : ”Halah, nyanyi aja bisanya, duit gag pernah ngasih. Wasalamualaikum, ayo bul, al. Pergiii.”
Buldoso&Alfonso            : ”siaaap.”
Akhirnya mereke pergi menemui gludhug
Bledheg                           : ”Adikuuu, kangen deh ama kamyu.”
Gludhug                           : ”Aku juga kangen kalian. Kenapa kakak kesini? Bagaimana keadaan Mimi Pipi?”
Bledheg                           : ”Ah pusing, kita melarat. Pipi panuan lagi. Mana Tahan?!”
Buldoso                           : “Betul betul betul.“
Alfonso                           : “Hussst diem ah.“
Dewi angin-angin             : “Mau dibikinin kopi?“
Bledhek                           : “Itu babu Loh?!“
Gludhug                           : “Bukan, dia kekasih ku yang paling aku sayang. Iya kan yank?“
Dewi angin-angin             : “Iya, kita saling mencintai satu sama lain.“
Buldoso                           : “Jelek sama jelek.“
Alfonso                           : “Diam! Inget misi kita.“
Gludhug                           : “Kalo kalian mau, kalian boleh tinggal disini kog.“
Setelah beberapa minggu tinggal bersama, niatan jahat bledhek pun muncul.
Bledheg                           : (berlari mengejar gludhug sambil membawa pisau) ”aku akan membunuhmu. Huahahahaha.”
Dewi angin-angin             : ”Tidaaak!”
Alfonso&buldoso            : (memegangi dewi angin-angin)
Alfonso                           : “Sudahlah, diam saja bentar lagi kekasihmu mati.”
Buldoso                           : “Tapi kasiahan juga yaa, jadi gag tega.“
Pada saat ingin menusuk gludhug, bledheg terpeleset dan jatuh hingga pisau yang dibawanya menusuk dadanya sendiri.
Bledheg                           : (dengan nafas tersengal-sengal) “Argh, sial, kutukupret. Tunggu aku di surga.“
Alfonso&Buldoso            : (melepas pegangan nya dari dewi angin-angin) “Pangeran!“
Dewi angin&Gludhug       : “inalilahi wa inalilahi roji’uun.“
Gludhug                           : “Ayo kita ke istana mimi pipi untuk menyembuhkan panu pipi.“(menarik tangan dewi angin-angin)
Alfonso                           : “Bolehkah aku ikud kepadamu tuan?
Buldoso                           : “Saya jugaaa. Ikut ya dhug ikut yaaa?“
Dewi angin-angin             : “Baik lah.“
Di tengah tengah perjalanan menuju istana pipi
Dewi angin-angin             : ”Wah, tanaman apa itu? mengapa sinarnya indah sekali, menyilaukan mata.”
Buldoso                           : ”Wah, mungkin berlian.”
Alfonso                           : “Bego, jelas-jelas itu tanaman.“
Buldoso                           : “Ya, sudah kita bawa saja ke istana. Mungkin itu obat panu buat pipi,”
Sesampainya di istana
Mimi                               : ”jelek ku, kamu pulang juga.”
Pipi                                 : ”Buat apa kamu kesini lagi? Sudah dapat babu baru mau pamer? (menoleh ke arah dewi angin-angin)
Dewi angin-angin             : ”maaf pipi, saya adalah kekasihnya, bukan babu.”
Gludhug                           : ”Kami kesini ingin pipi cepat sembuh, ini aku bawakan tanaman obat khusus buat panu pipi.”
Alfonso&Buldoso            : ”betul baginda.”
Pipi                                 : ”pokoknya pergi ah. ”
Mimi                               : ” Dicoba dulu lah pi, mungkin panu mu bisa ilang.”
Pipi                                 : (mengoleskan tanaman itu ke tubuhnya, langsung sembuh) ”wah, aku tampan lagi. Hahaha.”
Semua                             : ”Alhamdulilah”
Pipi                                 : ”Terimakasih anakku, meskipun kamu jelek kamu ternyata berhati baik. Tidak seperti pipimu ini. Maafkanlah pipi mu ini nak.”
Gludhug                           : (memeluk sang pipi) ”aku terharu pi.”

Akhirnya mereka semua berkumpul menjadi keluarga yang sakinah, mawadah dan warohmah

~tamat~

5 komentar:

  1. THANKS YA GAN ATAS KOMEDI NYA BAGUS LANJUTKAN KRESI NYA

    BalasHapus
  2. keren brow.....
    kunjungi blog saya...
    http://bigbosspstm.blogspot.com/

    BalasHapus